Sekilas Sejarah Tentang Roda

Sepeda antik generasi ke 3

RODA

Dari Wikipedia, ensiklopedia bebas

Untuk kegunaan lain dari istilah, lihat Wheel (disambiguasi) dan Roda (disambiguasi) .

Roda adalah komponen melingkar yang dimaksudkan untuk memutar pada aksial bantalan . Roda adalah salah satu komponen utama dari roda dan poros yang merupakan salah satu dari enam mesin sederhana . Roda, dalam hubungannya dengan as roda, memungkinkan benda berat untuk dipindahkan dengan mudah memfasilitasi gerakan atau transportasi sementara mendukung beban, atau melakukan kerja di mesin. Roda juga digunakan untuk keperluan lain, seperti roda kapal , roda kemudi , roda tembikar dan roda gila (flywheel) .

Contoh umum ditemukan dalam transportasi aplikasi. Roda sangat mengurangi gesekan dengan memfasilitasi gerakan dengan menggulung bersama-sama dengan menggunakan as roda . Agar roda untuk memutar, suatu saat harus diterapkan pada roda sumbunya, baik dengan cara gravitasi, atau oleh aplikasi lain kekuatan eksternal atau torsi .

ETIMOLOGI

Kata Inggris wheel berasal dari Inggris Kuno kata hweol, hweogol, dari Proto-Jermanik * hwehwlan, * hwegwlan, dari Proto-Indo-Eropa * k w ek w lo-, bentuk diperpanjang akar * k w el-“berputar, bergerak”. Serumpun dalam Indo-Eropa termasuk Yunani Kyklos κύκλος, “roda”, Sansekerta chakra , Old Gereja Slavia kolo, semua akan arti “lingkaran” atau “roda”,

SEJARAH

Bukti kendaraan roda muncul dari pertengahan- 4 SM milenium , dekat-serentak di Mesopotamia , Utara Kaukasus ( Maykop budaya ) dan Eropa Tengah , sehingga pertanyaan yang budaya awalnya diciptakan kendaraan roda tetap tak terpecahkan dan diperdebatkan.

Penggambaran baik-tanggal awal dari sebuah kendaraan roda (di sini wagon-empat roda, dua as), berada di pot Bronocice , sebuah ca. 3500-3350 pot tanah liat SM digali dalam budaya Funnelbeaker pemukiman di selatan Polandia.

Kendaraan roda menyebar dari daerah kejadian pertama (Mesopotamia, Kaukasus, Balkan, Eropa Tengah) di seluruh Eurasia, mencapai Lembah Indus oleh milenium ke-3 SM. Selama SM milenium ke-2, berbicara roda kereta menyebar dengan kecepatan yang meningkat, mencapai baik Cina dan Skandinavia oleh 1200 SM. Di Cina, roda itu pasti hadir dengan adopsi dari kereta di ca. 1200 SM,  meskipun Barbieri-Low berpendapat untuk kendaraan roda sebelumnya Cina, sekitar tahun 2000 SM.

Meskipun mereka tidak mengembangkan roda yang tepat, Olmec dan beberapa lainnya belahan bumi barat budaya tampaknya telah mendekati, seperti roda-seperti batu bekerja telah ditemukan pada objek diidentifikasi sebagai mainan anak-anak dating ke sekitar 1500 SM. Diperkirakan bahwa hambatan utama untuk pembangunan skala besar dari roda di belahan bumi Barat adalah tidak adanya hewan peliharaan yang besar yang dapat digunakan untuk menarik gerbong beroda. Kerabat terdekat dari sapi hadir di Amerika pra-Columbus kali, Bison Amerika , sulit untuk menjinakkan dan tidak pernah dipelihara oleh penduduk asli Amerika, beberapa spesies kuda ada sampai sekitar 12.000 tahun yang lalu, tapi akhirnya punah. Satu-satunya hewan besar yang dijinakkan di belahan bumi Barat, llama , tidak menyebar jauh melampaui Andes pada saat kedatangan Columbus.

Nubia dari setelah sekitar 400 SM yang digunakan untuk roda berputar tembikar dan sebagai roda air . Diperkirakan bahwa waterwheels Nubia mungkin sapi-didorong . Hal ini juga diketahui bahwa Nubia menggunakan kuda-driven kereta diimpor dari Mesir .

Penemuan roda sehingga jatuh pada akhir Neolitik , dan dapat dilihat dalam hubungannya dengan kemajuan teknologi lainnya yang memunculkan awal Zaman Perunggu . Perhatikan bahwa ini berarti bagian dari beberapa roda-kurang ribuan bahkan setelah penemuan pertanian dan gerabah:

9500-6500 SM: Aceramic Neolitik

6500-4500 SM: Keramik Neolitik ( Halafian )

Ca. 4500 SM: penemuan roda tembikar , mulai dari Chalcolithic ( periode Ubaid )

4500-3300 SM: Chalcolithic , kendaraan roda awal, domestikasi kuda

3300-2200 SM: Zaman Perunggu Awal

2200-1550 SM: Tengah Zaman Perunggu , penemuan spoked roda dan kereta

Penggunaan yang luas dari roda itu mungkin tertunda karena mulus jalan yang diperlukan untuk roda untuk menjadi efektif. Membawa barang-barang di bagian belakang akan menjadi metode yang disukai transportasi di atas permukaan yang mengandung banyak kendala. Kurangnya jalan dikembangkan mencegah adopsi luas roda untuk transportasi hingga memasuki abad ke-20 di daerah yang kurang berkembang.

Roda awal adalah disk kayu sederhana dengan lubang untuk as roda. Karena struktur kayu , sepotong horizontal dari batang pohon tidak cocok, karena tidak memiliki kekuatan struktural untuk mendukung berat badan tanpa runtuh, potongan bulat papan longitudinal diperlukan. Contoh tertua dari roda kayu dan poros yang ditemukan pada tahun 2003 di Ljubljana Marshes sekitar 20 km sebelah selatan dari Ljubljana , ibukota Slovenia. Menurut penanggalan radiokarbon , itu adalah antara 5.100 dan 5.350 tahun. Ia memiliki diameter 72 sentimeter (28 in) dan telah dibuat dari abu kayu, sedangkan poros yang telah dibuat dari kayu ek .

The spoked roda diciptakan baru-baru ini, dan memungkinkan pembangunan kendaraan lebih ringan dan lebih cepat. Dalam peradaban Harappa di Lembah Indus dan Northwestern India, kita menemukan mainan-gerobak roda yang terbuat dari tanah liat dengan jari-jari dicat atau lega, [14] dan simbol roda spoked dalam naskah segel, [15] sudah di paruh kedua milenium ke-3 SM. Contoh-contoh awal dikenal roda spoked kayu berada dalam konteks budaya Andronovo , berasal ca 2000 SM. Segera setelah ini, kuda budaya dari Kaukasus wilayah menggunakan kuda-spoked roda perang kereta untuk sebagian besar dari tiga abad. Mereka pindah jauh ke semenanjung Yunani di mana mereka bergabung dengan orang-orang Mediterania yang ada untuk menimbulkan, akhirnya, untuk klasik Yunani setelah melanggar Minoan dominasi dan konsolidasi yang dipimpin oleh pra-klasik Sparta dan Athena . Celtic kereta memperkenalkan besi rim sekitar roda dalam 1 milenium SM. Roda spoked itu digunakan terus tanpa modifikasi besar sampai 1870-an, ketika kawat roda dan pneumatik ban diciptakan.

Penemuan roda juga telah penting bagi teknologi pada umumnya, aplikasi penting termasuk roda air , yang cogwheel (lihat juga mekanisme Antikythera ), yang roda berputar , dan astrolabe atau torquetum . Keturunan yang lebih modern roda termasuk baling-baling ,mesin jet , roda gila ( giroskop ) dan turbin .

Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Wheel

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s